Terduga Teroris Dibekuk Berkat Informasi dari Orang Tuanya

JawaPos.com – Seorang terduga teroris ditangkap Datasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri di Kelurahan Panengahan, Kedaton, Bandar Lampung, Sabtu (9/3) lalu. Adapun dia adalah Rinto alias Putra Suhada, 23, yang diduga terpapar paham radikal dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

“Saudara R ini memang sudah diawasi karena yang bersangkutan terindikasi, terpapar oleh jaringan JAD,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Senin (11/3).

Penangkapan Rinto tak lepas dari peran orang tuanya. Teguh, 57, ayah Rinto melaporkan keberadaan anaknya yang sudah berada di rumah setelah sekian lama menghilang.

“Hari Sabtu yang bersangkutan pulang sehingga orang tua menginfokan kepada aparat setempat dan tim melakukan upaya paksa,” ungkap Dedi.

Ketika tim Densus 88 Mabes Polri datang dan melakukan penggeledahan, ditemukan sejumlah benda mencurigakan yang diduga bom rakitan. Alat bukti tersebut pun langsung diamankan tim penjinak bahan peledak (Jihandak).

“Di Lampung kami temukan sudah bentuk paralon belum terurai, dan itu yang diamankan dan diteliti apa kandungan isi paralon itu,” jelas Dedi.

Namun yang pasti, dari pengakuan Rinto kepada orang tuanya, dia akan melakukan aksi amaliah ke markas kepolisian. “Dia menyampaikan statement ke orang tua akan menyampaikan amaliah baik di Polda Lampung dan Jakarta. Jakarta itu markas polisi di Jakarta,” pungkas Dedi.

Editor           : Erna Martiyanti
Reporter      : Desyinta Nuraini
Copy Editor : Fersita Felicia Facette