Sidik Kasus Suap Dana Hibah KONI, KPK Periksa Lagi Pejabat Kemenpora

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal kembali memeriksa sejumlah saksi untuk penyidikan suap dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Pemeriksaan itu merupakan lanjutan dari pemanggilan sejumlah saksi pada pekan lalu. Selain pengurus KONI, KPK akan memanggil pejabat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, penyidik masih perlu menggali lebih jauh seputar mekanisme pengajuan dan proses pencairan dana hibah. Sebelumnya, hal yang sama ditanyakan kepada para pegawai Kemenpora dan pengurus KONI dalam pemeriksaan pekan lalu. “Penyidik masih perlu mendalami bagaimana mekanisme dana hibah,” ujarnya kemarin (6/1).

Terkait siapa saja yang akan dipanggil, Febri belum bisa menyebutkan. Namun, dari informasi yang dihimpun Jawa Pos, sejumlah pejabat Kemenpora telah menerima surat panggilan sebagai saksi untuk pemeriksaan hari ini (7/1) dan besok (8/1). “Untuk nama-nama saksi, nanti kami informasikan lebih lanjut,” kata Febri.

Sidik Kasus Suap Dana Hibah KONI, KPK Periksa Lagi Pejabat KemenporaJubir KPK Febri Diansyah (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Sejauh ini keterangan para saksi yang telah diperiksa menjadi bahan materi penyidikan. Materi yang dimaksud terkait dengan pengajuan proposal dana hibah KONI selama ini. Kemudian, proses verifikasi proposal sampai peran pejabat-pejabat Kemenpora dalam realisasi dana hibah. KPK juga telah mengumpulkan keterangan mengenai tugas sekretaris pribadi Menpora Imam Nahrawi. 

Editor      : Ilham Safutra
Reporter : (tyo/c6/agm)