Rumah DP 0 Rupiah Akan Dibangun di 3 Wilayah Ini, Kecuali Jakpus

loading…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan program DP 0 Rupiah sebagai Solusi Rumah Warga (Samawa) bersama 4 BUMD DKI Jakarta termasuk Bank DKI di Jakarta, Jumat (12/10/2018). Foto/Arie Yudhistira/SINDOphoto

JAKARTA – Selain di Jakarta Timur, Rumah down payment (DP) 0 Rupiah bakal dibangun di tiga wilayah DKI lainnya, yakni Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Untuk merealisasikan hal tersebut, Sarana Jaya telah meminta ke Penyertaan Modal Daerah (PMD) sebesar Rp2,265 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2019.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan mengatakan, ada 5.500 unit Solusi Rumah Warga (Samawa) DP 0 Rupiah yang akan dibangun di Jakarta. Modal itu nantinya untuk pengadaan lahan seluas 15,6 hektare untuk dilakukan pembangunan.

Termasuk untuk proyek Sentra Primer Tanah Abang, Sarana Jaya mengajukan Rp3 triliun untuk pembebasan lahan dan pengembangan proyek tersebut. Dari dua proyek itu, total Sarana Jaya mengajukan PMD Rp5,3 triliun pada APBD DKI 2019.

“Karena program penugasannya masih ada dan masih perlu biaya, utamanya untuk pengadaan lahan, makanya kita minta lagi Rp5,3 triliun,” kata Yoory di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat 12 Oktober 2018.

Yoory berharap pengajuan modal itu bisa disetujui Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta, mengingat dua proyek itu merupakan penugasan eksekutif.

“Dua-duanya kan itu prioritas sebenarnya, penugasan. Kita tetap berharap kalau bisa itu dipenuhi semuanya,” kata dia. (Baca juga: Anies Resmikan Rumah DP 0 Rupiah di Klapa Village Pondok Kelapa)

Namun bila nanti Pemrov DKI hanya menyetujui PMD Rp1,8 triliun, Yoory menyebut proyek pembangunan Rumah DP 0 Rupiah tetap menjadi prioritas.