Ratna Sarumpaet: Karena Tompi Menolong Saya Lebih Cepat Minta Maaf

JawaPos.com – Terdakwa perkara dugaan penyebaran berita bohong, Ratna Sarumpaet berterimakasih terhadap penyanyi Tompi. Hal ini lantaran karena Tompi membuatnya meminta maaf lebih cepat kepada publik atas kebohongan yang dibuat.

“Karena dia (Tompi) menolong saya lebih cepat minta maaf,” kata dia di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/4).

Ratna mengaku tak mempermasalahkan ketidakhadiran Tompi sebagai saksi dalam persidangannya hari ini. Dia menduga dipanggilnya Tompi sebagai saksi lantaran Tompi yang mengungkap kebohongannya yang ternyata adalah operasi plastik.

“Mungkin karena beliau yang tahu pertama kali bukan penganiayaan,” katanya lagi.

Dalam persidangan itu, beragendakan pemeriksaan saksi lantaran beberapa saksi yang direncanakan hadir tak mengkonfirmasi kedatangannya atau mangkir. Diantaranya adalah penyanyi sekaligus dokter bedah plastik Tompi dan Rocky Gerung. Pemanggilan sebanyak dua kali telah dilakukan, tapi keduanya tak kunjung hadir.

Alhasil, pada sidang lanjutan hari ini, Kamis (11/4), Jaksa Penuntut Umum (JPU) minta izin kepada Majelis Hakim menghadirkan keduanya secara paksa.

“Karena kan yang bersangkutan (Tompi dan Rocky) sudah dua kali kita panggil tapi yang bersangkutan belum bisa memenuhi, belum bersedia hadir. Makanya kita tadi mintakan kepada majelis hakim untuk membuat penetapan pemanggilan paksa,” kata Koordinator Jaksa Penuntut Umum, Daroe Tri Sardono.

Terkait hal ini, Majelis Hakim tidak langsung mengamininya. Majelis Hakim menolak permintaan JPU dan memberi kesempatan kepada Tompi dan Rocky untuk hadir dalam persidangan selanjutanya tanpa dihadirkan secara paksa.

Atau, dengan kata lain Majelis Hakim memberikan kesempatan untuk dipanggil sekali lagi. Dengan keputusan itu, rencana kedua orang itu dipanggil pada persidangan lanjutan 23 April 2019 mendatang.

Lebih lanjut Daroe membeberkan alasan Tompi dan Rocky dipanggil sebagai saksi. Kehadiran keduanya dinilai dapat memperkuat dakwaan yang telah dibuat.

Namun demikian, mengenai keterangan apa yang akan digali dari Rocky guna memperkuat dakwaan, Daroe belum merinci. Dia hanya berkata soal alasan pemanggilan Tompi bisa menguatkan dakwaan yang tau telah disusun karena Tompi merupakan seorang dokter bedah plastik.

“Kalau dari dokter Tompi kan beliau yang menjelaskann bahwa ternyata apa yang disampaikan terdakwa bukan karena penganiayaan tapi karena oplas face lift itu. justru itu yang ingin kita pastikan,” pungkas dia.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid