Polri Temukan 6 Kesamaan Sidik Jari Korban Mutilasi dengan Nuryanto

JawaPos.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memastikan bahwa salah satu korban mutilasi yang ditemukan di daerah Sungai Buloh, Selangor, Malaysia adalah pengusaha tekstil asal Bandung, Nuryanto. Hal itu berdasarkan kecocokan sidik jari yang sudah diselidiki Inafis Mabes Polri.

Kabid Daktiloskopi Kriminal Pusinafis Bareskrim Polri Kombes Yayat Ruhiyat Hidayat mengatakan, pihaknya mencocokkan sidik jari korban dengan data identitas yang didapat melalui e-KTP. Adapun data e-KTP merujuk kepada Nuryanto, 35, warga Baleendah, Bandung, Jawa Barat.

“Setelah kita lakukan pencarian, dari hasil pemeriksaan terhadap sepuluh sidik jari mayat yang dapat dilakukan perbandingan ada enam, dinyatakan identik dengan sidik jari Nuryanto,” ungkapnya saat menggelar konferensi pers di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/2).

Polri Temukan 6 Kesamaan Sidik Jari Korban Mutilasi dengan NuryantoMeli Rahmawati, istri pengusaha tekstil asal Bandung yang tewas dimutilasi di Malaysia (Siti Fatonah/JawaPos.com)

Yaya menerangkan, persamaan itu diantaranya ditemukan pada jempol tangan kiri, jempol tangan kanan, jari manis tangan kanan, jari telunjuk tangan kiri, jari kelingking tangan kanan. “Lalu jari tengah tangan kanan mayat juga identik dengan jari tengah tangan kanan di KTP,” bebernya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menambahkan, jika ada 12 titik kesamaan di jari jemazah dengan identitas calon korban, artinya tingkat keakuratannya 99 persen.

“Sidik jari jempol kiri setelah diidentifikasi, kemudian ada sidik jari pembanding diketemukan ada 12 titik kesamaan. Sangat akurat menunjukan korban yang meninggal dunia atas nama Nuryanto,” jelasnya.

Lebih lanjut Dedi mengatakan, temuan inafis ini akan disampaikan langsung ke pihak Polis Diraja Malaysia (PDRM). “Ini kita berikan ke PDRM,” pungkasnya.

Editor           : Bintang Pradewo
Reporter      : Desyinta Nuraini