Pola Pengamanan, Polri Minta Paslon Jaga Pendukung Saat Debat Kedua

JawaPos.com – Pengamanan debat kedua capres dan cawapres tak berbeda dari yang sebelumnya. Polda Metro Jaya menerapkan pola yang sama.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pola yang dipakai yakni berpacu pada empat ring. Menurutnya, dengan pola tersebut sudah sangat kondusif mencegah hal yang tidak diinginkan.

“Sama pola-pola escape juga kita sudah perhitungkan kemudian rencana kontijensi juga sudah disiapkan Polda Metro,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (13/2).

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono menambahkan, Polda Metro Jaya tidak sendiri. Mereka akan dibantu Mabes Polri dalam rangka pengamanan. “Personel sesuai debat yang pertama jumlahnya,” sambungnya.

Sementara itu dikatakan pula bahwa kepolisian juga sudah merencanakan antisipasi terjadinya bentrok antar pendukung paslon. Namun diharapkan para Paslon dan partai pendukung juga ikut memberitahukan dan mengawasi pendukung guna menjaga ketertiban dari debat kedua ini.

“Sama-sama saling jaga pendukungnya supaya debat ini berjalan lancar,” pinta Syahar.

Soal apakah ada penyekatan antar pendukung, pihaknya belum bisa memastikan. “Kita lihat nanti di TKP, pasti cara-cara bertindak kepolisian itu sudah dipersiapkan. Kami harapkan semua bisa berjalan baik,” tegas dia.

Di sisi lain Polri berharap supaya masing-masing calon bisa menyampaikn visi-misinya. “Debat dengan bagus, sehingga masyarakat pun bisa mengetahui visi, misinya,” pungkas Syahar.

Editor           : Bintang Pradewo
Reporter      : Desyinta Nuraini