Pimpinan KPK Diteror, Haris Azhar: Buah dari Kelakuannya Sendiri

JawaPos.com – Direktur Lokataru Foundation Haris Azhar menduga, teror yang menimpa pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakni Agus Rahardjo dan Laode M Syarief dikarenakan kelalaian lembaga tersebut terhadap teror. Sebab bukan kali pertama teror menyerang lembaga antirasuah. Salah satunya penyiraman air keras yang menimpa penyidik senior Novel Baswedan.

“Serangan kemarin jelas buah dari kelakuan permisif kita sebagai bangsa, terutama bagi si para pimpinan KPK itu sendiri,” kata Haris kepada JawaPos.com, Jumat (11/1).

Haris memandang, pimpinan lembaga antirasuah terlalu diam dalam menyikapi aksi teror yang sebelumnya menimpa Novel Baswedan dan anggota KPK lainnya. Bahkan pimpinan tidak tegas untuk mengusut pelaku penyerangan.

“Mereka selama ini membiarkan anak buahnya diserang, bahkan mereka juga membiarkan ketidakjelasan kasus-kasus tersebut,” ucapnya.

Oleh karenanya, penggiat antikorupsi ini menilai pelaku teror terus mengulangi perbuatannya. Hal ini karena tidak ada tindakan tegas dari pimpinan KPK dan aparat penegak hukum.

“Setiap kali pelaku kejahatan atau kekerasan dibiarkan, maka mereka akan mengulangi bahkan dengan skala yang lebih membahayakan,” paparnya.

Kendati demikian, Haris tidak bisa memastikan pelaku lapangan maupun aktor intelektual adalah orang yang sama dalam kasus penyerangan terhadap Novel. “Susah untuk menunjuk pelakunya sama (penyerangan terhadap Novel Baswedan),” pungkasnya.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Muhammad Ridwan