Namanya Disebut Dalam Sidang Kasus Meikarta, Begini Reaksi Tjahjo

JawaPos.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo angkat bicara soal namanya disebut dalam persidangan kasus suap izin proyek Meikarta. Sebab dalam persidangan, Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin menyebut menteri dari PDIP itu membantu untuk memuluskan izin proyek bermasalah.

Menanggapi hal ini, Tjahjo menyebut Kemendagri hanya memfasilitasi perizinan proyek Meikarta. Namun yang memiliki kewenangan penuh adalah pemerintah daerah Kabupaten Bekasi.

“Kami fasilitasi sesuai ketentuan, termasuk pemerintah Kabupaten Bekasi dan pemerintah Provinsi Jawa Barat soal izin meikarta. Hasil fasilitasi Kemendagri, kewenangannya sesuai aturan yang ada adalah pemerintah Kabupaten Bekasi yang berwenang,” kata Tjahjo saat dikonfirmasi, Senin (14/1).

Tjahjo menjelaskan, pihaknya memang memfasilitasi soal perizinan Meikarta. Kewenangannya diatur oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono. Ia pun meyakini, pihaknya telah memberikan kewenangan sesuai aturan. Meski pada akhirnya perizinan Meikarta bermasalah.

“Kemendagri memfasilitasi sesuai aturan yang benar,” pungkasnya.

Sebelumnya, nama Tjahjo disebut-sebut dalam persidangan kasus suap perizinan proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi ‎yang menghadirkan saksi eks Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Senin (14/1).

“Saat itu, saya dipanggil ke ‎ruangan Pak Dirjen Otonomi Daerah Soemarsono di Jakarta. Saat itu, Mendagri menelpon ke Pak Soemarsono, berbicara sebentar kemudian telpon Pak Soemarsono diberikan kepada saya, dan Tjahjo Kumolo bilang ke saya, ‘tolong perijinan Meikarta dibantu,” jelas Neneng menirukan ucapan Tjahjo.

Editor           : Dimas Ryandi
Reporter      : Muhammad Ridwan