Jokowi Bagikan Bantuan Rp 1,45 Miliar untuk Korban Ledakan Bom Sibolga

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo melihat dari dekat lokasi peledakan Bom di Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Minggu pagi (17/3). Kunjungan itu dimanfaatkan untuk memberikan bantuan untuk warga sekitar yang rumahnya terkena dampak ledakan bom. Nilai bantuannyamencapai Rp 1,45 miliar.

Jokowi menyebut bantuan itu untuk perbaikan 155 rumah. Setiap penerima bantuan nilainya disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Untuk rumah rusak berat mendapat bantuan Rp 25 juta, rusak sedang Rp 5 juta, dan rusak ringan Rp 3 juta.

“Yang sedang berbeda dengan yang ringan. Setuju ya? Jadi yang saya bantu tadi sudah berbicara dengan Pak Wali Kota,” ujarnya.

Selain materi, pemerintah juga memberikan bantuan berupa tenaga konstruksi. Untuk tenaga pengerjaannya, Jokowi memerintah prajurit TNI setempat. “Biar tidak keliatan itu kayak apa. Lapangan dan akan menyebabkan trauma kita semua,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengajak masyarakat untuk terus memupuk perdamaian. Mantan wali kota Solo itu meminta masyarakat untuk saling menghormati, meskipun agama dan sukunya berbeda.

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : Folly Akbar