Jamin Keamanan Debat Cawapres, Polisi Juga Antisipasi Ancaman Teror

JawaPos.com – Kepolisian Republik Indonesia menjamin keamaman lokasi debat calon wakil presiden di Hotel Sultan, Jakarta, yang akan berlangsung Minggu (17/3) malam. Segala bentuk antisipasi dilakukan, termasuk ancaman teror.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal mengatakan, masyarakat tidak perlu takut karena membuat meyebar ketakutan adalah tujuan dari teror itu sendiri. Lagi pula, Kepolisian pun belakangan sudah melumpuhkan banyak terduga teroris.

“(Pengamanan debat) termasuk itu (antisipasi teror). Tapi kita juga jangan tertalu takut. Kami sudah lakukan upaya,” kata Iqbal di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (17/3).

Kematangan pengamanan bisa dilihat dari persiapan yang dilakukan kepolisian. Dari Polda Metro Jaya dibantu Mabes Polri sudah melalukan pengamanan strategis baik secara proaktif dengan proteksi cegah dini hingga pengembangan terbuka.

“Tapi ring 1 tetap kami akan lakukan upaya yang maksimal, ring 2 juga, terus ring 3 sampai pengalihan arus lalu lintas. Prinsipnya adalah Polri sudah siap. Insya Allah nanti malam aman,” tegas Iqbal.

Untuk pengamanan sendiri, Polda Metro Jaya mengerahkan sekitar 5000 personel kepolisian. “5000 lebih. Itu PMJ yang kami kedepankan, kami backup dengan Mabes Polri,” pungkas jenderal bintang dua itu.

Editor           : Erna Martiyanti
Reporter      : Desyinta Nuraini