Ini Wajah Kreator dan Buzzer Pembuat Hoax 7 Kontainer Surat Suara

JawaPos.com – Direktorat Siber Bareskrim Polri berhasil menangkap pembuat sekaligus buzzer hoax tujuh kontainer surat suara tercoblos di Tanjung Priok beberapa waktu lalu. Pelaku diamankan di wilayah Sragen, Jawa Tengah pada Senin (7/1).

Berdasarkan jejak digital, dia dikenal sebagai Ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional7 Prabowo, Bagus Bawana Putra. Saat ditampilkan di hadapan media, wajah pelaku tampak tak asing. 

Namun polisi enggan mengaitkan tersangka dengan statusnya di dunia politik. “Kita nggak relawan-relawanan. Kita pure murni penegakkan hukum,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat menggelar konferensi pers di kantornya, Rabu (9/1).

Soal ada beberapa nama petinggi Partai Gerindra yang disebutkan Bagus dalam rekaman hoax yang beredar, polisi mengatakan pihaknya saat ini fokus terhadap penyebaran berita bohongnya saja.

“Jadi gini, kita tidak mengarah ke situ. Fakta hukumnya adalah BBP (Bagus Bawana Putra) menyiarkan berita bohong atau hoax. Itu konstruksi hukum secara profesional,” tegas Dedi.

Saat ini, pihaknya masik melakukan pemeriksaan intensif terhadap Bagus. Termasuk untuk mengetahui motif dia menyebarkan berita hoax itu.

“Porses pemeriksaan masih berlanjut belum bisa disampaikan pada hari ini. Pada prinsipnya siber akan menuntaskan setuntas-tuntasnya,” pungkas Dedi. 

Editor      : Bintang Pradewo
Reporter : Desyinta Nuraini