Hibah peralatan tanding, Kemenpora himbau induk cabang olahraga ajukan permohonan

Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengimbau kepada para pengurus cabang olahraga agar segera mengajukan surat permohonan hibah atas peralatan olahraga yang digunakan selama Asian Games 2018. 

“Kami mengimbau kepada seluruh induk organisasi cabang olahraga supaya segera mengajukan permohonan hibah, sehingga peralatan itu bisa dimaksimalkan kegunannya,” kata Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto di Kantor Kemenpora, Jakarta Selatan, Kamis. 

Menurut dia, sampai dengan saat ini, belum semua induk cabang olahraga mengajukan surat permohonan hibah. Kemenpora mencatat dari total keseluruhan 41 cabang olahraga, baru 31 cabang olahraga yang mengajukan hibah. 

“Jadi, masih ada 10 cabang olahraga lagi yang belum mengajukan permohonan hibah. Kami minta agar ini diurus secepatnya. Jangan sampai dibiarkan terlalu lama disimpan alat-alat olahraga itu,” ujar Gatot. 

Lebih lanjut, dia menuturkan, seluruh peralatan olahraga itu disimpan di gudang milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) yang tersebar di beberapa tempat, yakni di Kelapa Gading (Jakarta Utara), Cawang (Jakarta Timur), Cibubur (Jakarta Timur) dan Palembang. 

“Segera setelah Asian Games 2018 berakhir, semua peralatan olahraga itu langsung diinventarisir dan disimpan di gudang milik BUMN. Kontrak kerja sama dengan pemilik gudang akan berakhir pada akhir November 2018,” tutur Gatot. 

Sementara itu, dia mengungkapkan seluruh peralatan pertandingan yang digunakan saat Asian Games 2018 itu statusnya merupakan barang milik negara, karena dibeli dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan melalui Kemenpora. 

“Maka dari itu, penyerahan peralatan tersebut merupakan komitmen dan janji pemerintah, bahwa secanggih apapun peralatan yang digunakan selama Asian Games 2018, akhirnya akan kembali lagi ke cabang-cabang olahraga terkait,” ungkap Gatot. 

Sepuluh cabang olahraga yang masih belum mengajukan surat permohonan hibah, yaitu sepakbola (PSSI), jujitsu (PB JI), dayung (PODSI), jet ski (IJBA), boling (PBI), sepeda (ISSI), golf (PGI), baseball dan softball (PERBASASI), bridge (GABSI) dan bola tangan (ABTI). 

Baca juga: Kemenpora-INASGOC serahkan peralatan tanding pada cabang olahraga

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018