Hengky Kurniawan Akan Gunakan Mobil Dinas untuk Antar Jemput Pengantin

JawaPos.com – Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan mengeluarkan kebijakan yang kontroversial. Dalam kebijakan yang dipromosikan melalui akun instagramnya, dia akan meminjamkan mobil dinasnya kepada pengantin, khusus bagi warga Bandung Barat. Mobil dinas tersebut disediakan untuk antar jemput pasangan pengantin pada Hari minggu.

“Untuk warga Bandung Barat, mobil dinas Wabub siap antar jemput pengantin khusus hari minggu, gratis +sopir,” tulis Hengki dalam akun media sosial instagram @Hengkykurniawan, Selasa (5/2).

Adapun, dalam akun tersebut juga dijelaskan bahwa fasilitas ini memiliki syarat dan ketentuan. Salah satunya, dengan cara warganya dapat mengirimkan surat undangan dan pengajuan antar jemput di kantor Wabup lantai 2.

“Bagi yang daftar lebih awal atau duluan kita prioritaskan. Karena jumlah mobil dinas hanya satu,” demikian tulisnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyebut fasilitas negara tidak boleh dipergunakan untuk kepentingan di luar kedinasan.

“Mobil diadakan peruntukannya bukan untuk kegiatan tersebut. Lebih baik jika digunakan mobil lain untuk rakyat,” ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (6/2).

Kendati demikian, kata Saut, niat Hengki memang baik namun perlu adanya kesadaran untuk tidak memanfaatkan fasilitas negara.

“Sudah bisa diperkirakan niatnya baik sebagai bentuk kepedulian, kadang guna dekat dan berbagi dengan rakyatnya,” tuturnya.

Saut menambahkan agar para pejabat bisa mengikuti ketentuan sesuai dengan yang berlaku. Ini menunjukkan sikap seorang pemimpin kepala daerah agar mengajak masyarakat untuk membangun integritas.

“Ini bagian kepedulian dan kesetiakawanan, jadi harus clear and cut, ikuti saja ketentuan yang ada sebagai bagian pembelajaran buat rakyat yang harus diajak membangun integritas mereka dari waktu ke waktu,” pungkasnya.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Intan Piliang