Gugatan Ditolak Hakim, Apa Kata Wadah Pegawai KPK?

JawaPos.com – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menolak gugatan Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap lima pimpinan KPK. Gugatan ini mengenai Surat Keputusan (SK) Pimpinan KPK nomor 1426 tahun 2018 tentang tata cara mutasi dan rotasi pegawai di lingkungan KPK.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo menyatakan tidak akan mengajukan banding. Namun, dia amat lega karena keinginan WP KPK agar pimpinan melibatkan mereka dalam rotasi pegawai bukan sekadar keputusan Pimpinan saja melalui SK baru.

“Kami melakukan gugatan terkait SK rotasi ini adalah upaya untuk memperkuat KPK. Upaya untuk menjaga KPK tetap independen, tetap menjadi lembaga yang dipercaya masyarakat, menjadi lembaga yang serius memberantas korupsi di negeri kita. Sehingga apapun peraturan terkait dengan kepegawaian KPK harus melibatkan WP KPK,” kata Yudi, Senin (11/3).

Dia juga menyatakan terima kasih terhadap pimpinan KPK. Sebab, aturan terkait rotasi maupun mutasi pegawai KPK telah diperbarui yaitu menjadi Keputusan Pimpinan KPK Nomor 1 tahun 2019.

“Yang pada intinya berisi mengakomodasi dari kepentingan pegawai, pimpinan, dan kebutuhan organisasi dengan keluarnya pimpinan KPK yang baru maka ini semakin memperkuat KPK,” tegasnya.

Diapun mencontohkan, pada hari ini ada sebanyak 22 orang yang dilatih untuk menjadi penyidik. Hal tersebut, menurutnya sesuai dengan keinginan dari pimpinan KPK yang ingin menuntaskan 200 kasus pada tahun ini.

“Sehingga, dengan adanya keterbukaan, transparansi, akuntabilitas antara WP dengan pimpinan KPK maka hal ini bisa terwujud,” pungkasnya.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Intan Piliang