Densus 88 Turun Tangan Ungkap Teror Bakar Mobil di Jateng

JawaPos.com – Teror bakar kendaraan di Jawa Tengah membuat Densus 88 Anti-teror turun tangan. Sebab aksi ini terbilang masif dan direncanakan.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono mengatakan, sejatinya Polda Jawa Tengah sudah membentuk tim khusus untuk membongkar kasus ini. Tim tersebut menganalisis semua kejadian dan langsung turun ke TKP mengumpulkan informasi dan saksi-saksi yang ada di lokasi.

“Termasuk dari Densus 88 Mabes Polri sudah membackup,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (6/2).

Adapun belum ditemukannya pelaku lantaran pelaku diduga sudah merencanakan aksinya dengan matang. “Segala kemungkinan sudah dipertimbangkan. Dugaan, mereka juga sudah membaca situasi sebelum melakukan,” sebut Syahar.

Namun dia mengatakan, semua perbuatan pidana pasti meninggalkan bekas dan jejak. Untuk itu, segala alat bukti terkait yang ditemukan di lapangan sedang dalam pemeriksaan.

Motif pun sedang didalami. Termasuk kemungkinan ada tidaknya teror ini dengan tindakan yang menimbulkan korban jiwa.

Akan tetapi, dugaan sementara, tujuan para pelaku untuk membuat resah. Sebab kata Syahar, tidak ada barang hilang, tidak ada motif lain seperti ekonomi dan lain-lain.

“Sasarannya tempat yang nggak ada parkir. Dilakukan ramai, cuman saat dilakukan pada jam sepi. Dan sasarannya kendaraan yang diparkir di luar, kebanyakan sih itu,” tambah dia.

Lebih lanjut, Kepolisian bersama TNI dan stakeholders lain tetap melakukan upaya preventif supaya kejadian ini tidak terulang dan meluas.

“Semua turun 24 jam patroli. Menggelorakan siskamling. Upaya pengungkapan berjalan dan upaya pencegahan juga dilakukan,” tutur Syahar.

Editor           : Bintang Pradewo
Reporter      : Desyinta Nuraini