Datangkan Ahli ITE, Polri Cari Pelaku Utama Penyebar Hoax Surat Suara

JawaPos.com – Bareskrim Mabes Polri berencana mendatangkan sejumlah saksi ahli untuk mendalami rekaman berita bohong alias hoax terkait tujuh kontainer asal Tiongkok yang berisi surat surat suara telah dicoblos pada kolom nomor urut 01. Hal ini untuk mengetahui siapa pelaku utama yang ada dalam rekaman tersebut.

“Penyidik akan memanggil saksi ahli hukum pidana, bahasa dan ITE agar lebih jelas konstruksi hukumnya,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (4/1).

Dedi menjelaskan, didatangkannya sejumlah saksi ahli untuk mengetahui siapa pelaku utama pembuat dan penyebar berita hoax tersebut.

Meski dua orang diduga penyebar hoax surat suara berinisial AY dan LS telah dilakukan pemeriksaan. Namun, Polri hingga saat ini belum berhasil meringkus pelaku yang membuat rekaman hoax dicoblosnya surat suara.

Oleh karenanya, hingga saat ini tim khusus pencari pelaku penyebar hoax surat suara masih kesulitan untuk mencari pelaku utama tersebut.

“Yang membuat kemudian viralkan ke media sosial itu yang akan dikejar penyidik,” tegasnya.

Sebelumnya, Polri telah mengamankan dua orang diduga pelaku penyebar hoax dicoblosnya surat suara. Keduanya berinisial AY dan LS yang juga memiliki peran yang sama.

Seorang berinisial AY ditangkap di daerah Bogor, Jawa Barat. Sedangkan, seorang berinisial LS ditangkap di Balikpapan, Kalimantan Timur. Namun keduanya langsung dilepaskan karena bukan pelaku utama.

Editor      : Bintang Pradewo
Reporter : Ridwan