Besok, Jasad Bos Tekstil Asal Bandung Tiba di Indonesia

JawaPos.com – Jasad bos tekstil asal Bandung Ujang Nuryanto dan asistennya, Ai Munawaroh bakal tiba di Indonesia, Rabu (13/3) esok. Kepastian itu disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

“Hasil komunikasi KBRI dan SLO Kepolisian, PDRM sudah ada titik terang bahwa rencana besok tanggal 13 Maret sekira pukul 07.30 sampai 08.30 waktu Malaysia untuk dua jenazah atas nama Nuryanto dan Ai Munawaroh akan diterbangkan dari Malaysia ke Indonesia,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (12/3).

Dua jenazah itu diterbangkan dengan menggunakan pesawat MH 713. Pihak Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur turut mengantar. Kata Dedi, untuk jenazah Nuryanto, setibanya di Indonesia, langsung dikirimkan ke rumah duka, di Kampung Ciodeng, Kecamatan Baleendah, Bandung, Jawa Barat.

“Sementara saudara Munawaroh akan dibawa ke Dusun Cirapuan, Desa Sindang Jaya, Kecamatan Mangunjaya, Pangandaran, Jawa Barat,” tutur Dedi.

Namun keluarga Nuryanto maupun Ai tidak akan mendapatkan jenazah keduanya secara utuh. Sebab beberapa bagian yang hilang belum ditemukan. “Masih melakukan pencarian tapi karena proses identifkasi sudah clear ini besok diterbangkan langsung,” sebutnya.

Lebih lanjut, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menuturkan, pemulangan jasad Nuryanto dan Ai Munawaroh merupakan buah hubungan yang baik antara pemerintah Indonesia dengan Malaysia. “Juga pihak Kemenlu, Kepolisian RI dengan PDRM,” tambahnya.

Untuk kasus mutilasi itu sendiri, dikatakan Dedi, masih ditangani pihak PDRM. Aktor intelektual masih diburu keberadaannya. Sementara dua warga negara Pakistan berinisial JIR dan A belum dapat dibuktikan keterlibatannya dalam kasus mutilasi ini.

“Perlu pembuktian yang sangat kuat. Khususnya pembuktian ilmiah. Agar meyakinkan JPU. Alat bukti krusial saat persidangan nanti,” jelas Dedi.

Namun hingga kini dua WN Pakistan itu masih ditahan pihak PDRM dalam kasus keimigrasian.

Editor           : Erna Martiyanti
Reporter      : Desyinta Nuraini