Baku Tembak dengan TNI, 1 Anggota KKSB Papua Tewas di Kabupaten Puncak

JawaPos.com – Kontak tembak kembali terjadi antara personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB). Tepatnya di Kampung Gigobak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi mengatakan, kontak tembak terjadi sekitar pukul 08.55 WIT. Anggota TNI yang sedang dalam perjalanan dari posnya menuju Bandara Sinak dalam rangka pengambilan logistik, tiba-tiba dihadang oleh sekelompok KKSB.

“Akibat penghadangan tersebut anggota TNI melakukan perlawanan dengan membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak,” ujarnya melalui pesan singkat, Rabu (9/1).

Untungnya, pasukan TNI berhasil memukul mundur hingga KKSB melarikan diri masuk ke hutan. Saat dilaksanakan pengejaran ditemukan satu orang anggota KKSB tewas tertembak.

“Belum diketahui identitasnya karena tidak memiliki kartu pengenal. Namun dari Noken yang dibawah terdapat bendera Bintang Kejora dan HP (handphone), masih dalam penyidikan,” sebut Aidi.

Sementara itu satu orang anggota TNI atas nama Praka Subhan Razak yang bertugas sebagai sopir menderita luka tembak di bagian betis. Saat ini, prajurit tersebut sudah dievakuasi ke RSUD Timika menggunakan Hely Bell guna mendapatkan perwatan medis.

“Kondisi dalam keadaan stabil. Sedangkan korban KKSB telah diserahkan kepada kepala kampung setempat untuk pengurusan jenazah,” sebutnya.

Lebih lanjut, Aidi mengatakan bahwa dari hasil diidentifikasi KKSB tersebut pimpinan Lerymayu Telenggen di daerah Sinak Kabupaten Puncak. 

Editor      : Bintang Pradewo
Reporter : Desyinta Nuraini