Aktor Intelektual Teror Solo dan Bom Surabaya Diringkus, Polisi Jadi Target ‘Amaliyah’

JawaPos.com – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigen Pol Dedi Prasetyo membenarkan adanya penangkapan terduga teroris berinisial A oleh Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror rumahnya di Jalan Wirasaba, Adiarsa Kampung Utama Jaya, Keluarsa Adiarsa Timur, Kecamatan Karawang Timur, Karawang, Rabu malam (3/4).

Diketahui, terduga pelaku teror itu merupakan seorang penjual kebab setiap harinya. Terduga pelaku teror itu merupakan afiliasi dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD) jaringan Bandung.

Dikatakan Dedi, tim Densus 88 sudah melalukan upaya penangkapan paksa terhadap pelaku teror A yang diduga terlibat  jaringan teroris JAD. Dedi menjelaskan, penangkapan terduga teroris A tersebut bagian dari pengembangan teroris WB yang sudah ditangkap belum lama ini.

“Hasil keterangan tersangka lain, WB alias Sahid, mengembang ke sejumlah nama lain. Salah satunya A. tersangka ini ditangkap Rabu malam. Dia ditangkap usai salat Isya dan baru akan membuka dagangannya,”  ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

Dedi mengaku penangkapan nama-nama pelaku teror lain dari pengembangan terduga teroris WB, terduga teroris A ini paling krusial. Peran dari terduga pelaku atasnama A itu bertugas mengkoordinir beberapa sleeping cell (sel tidur).

Tersangka bukan sekali saja melakukan tindak pidana terorisme, akan tetapi A diketahui sudah beberapa kali melakukan teror. “Ini bukan hanya sekali melakukan teror, tetapi dia sudah beberapa kali dan sudah juga divonis terkait masalah kejadian di Solo, dan juga ada keterlibatan di Surabaya,” ujar Dedi.

Dedi menjelaskan terduga teroris A itu berada dari Nusa Tenggara Barat, lalu menikah setahun lalu dan menetap dengan warga Karawang Timur. “Saat ini tim sudah di lapangan semuanya. Mereka sudah memeriksa terhadap beberapa terduga pelaku serta masih  mencari barang bukti yang diduga akan digunakan amaliyah, dengan sasaran aparat keamanan,” ujar Dedi.

Sebelumnya, Densus 88 Anti-teror sudah menangkap sedikitnya 7 orang tersangka atas kasus tindak terorisme pascapenangkapan teroris Husain alias Abu Hamzah di Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (12/3) lalu. Dua di antaranya merupakan pelaku teror perempuan.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid