Abraham Samad: Jangan Harap KPK Kendur dengan Diteror

JawaPos.com – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad angkat bicara terkait penyerangan teror terhadap dua pimpinan KPK Agus Rahardjo dan Laode M. Syarief. Dia menduga pelaku intelektual aksi teror tersebut merupakan seorang yang tengah terjerat perkara korupsi di KPK.

“Jelas ini tidak bisa dipisahkan dari kasus Tipikor yang sedang diusut KPK. Jangan dilihat semata kerusakannya, besar ataupun kecil. Tapi ini teror, teror yang biadab sekali,” kata Samad saat dikonfirmasi, Rabu (9/1).

Samad memandang, kasus aksi teror yang menimpa dua pimpinan KPK merupakan ulah koruptor yang juga bersifat teroris. Menurutnya, dengan cara licik melakukan aksi teror kepada pimpinan KPK.

Kendati terdapat aksi teror, kata Samad, lembaga antirasuah tidak pantang mundur untuk melakukan pemberantasan korupsi. “Fondasi KPK dibangun dengan teror dan intimidasi. Semakin diteror, KPK semakin kuat. Para koruptor teroris ibarat hanya melempar bensin ditengah api yang sedang menyala,” ucapnya.

Oleh karenanya, Samad berharap pimpinan KPK dapat terus kompak dan tidak kalah meski terdapat ancaman aksi teror. Bahkan meminta polisi untuk secara tegas mengusut siapa pelakunya.

“Mendesak pihak berwenang untuk mengusut tuntas pelaku dan motif dibalik teror ini. Ini bukan kriminal biasa. Ini sudah teror sistematis yang ditujukan kepada KPK dan seluruh personelnya,” pungkasnya.

Editor      : Kuswandi
Reporter : Muhammad Ridwan