K-Pop Jadi Alasan Nomor 1 Peningkatan Royalti Penulis Lagu di Korea

JawaPos.com – Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA) menganalisis bahwa K-pop menjadi alasan nomor satu untuk peningkatan royalti bagi para penulis lagu di Korea sepanjang 2018 ini.

Melansir Soompi, pada Senin (15/10) KOMCA menyebutkan ada sebanyak 15,4 miliar Won atau sekitar 13,7 juta Dollar Amerika untuk total royalti penulis lagu untuk lagu baru yang dirilis antara 1 Januari hingga 30 September.

“Artis K-pop seperti BTS, Wanna One, Red Velvet, GOT7, dan TWICE yang telah membuat nama mereka diketahui tidak hanya di Korea tetapi juga di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan pertumbuhan di pasar hak cipta musik Korea dengan penjualannya yang eksponensial,” kata sumber itu.

K-Pop Jadi Alasan Nomor 1 Peningkatan Royalti Penulis Lagu di KoreaLogo KOMCA (Soompi)

Ketua KOMCA, Hong Jin Young mengatakan, kali ini merupakan situasi yang cukup mengejutkan ketika BTS membuat gebrakan dengan muncul di sampul Majalah TIME. Terlebih member BTS juga ada yang menjadi anggota KOMCA, seperti Suga.

“Pasar K-pop global mendekati angka 5 miliar Dollar Amerika. Asosiasi kami akan lebih aktif bekerja sama dengan asosiasi hak cipta dari negara-negara asing yang kami kontrak,” pungkasnya.

Kendati data tersebut hanya untuk tiga perempat tahun, tetapi sudah menunjukkan peningkatan sebanyak 45,2 persen dari 10,6 miliar Won atau sekitar 9,4 juta Dollar Amerika dari tahun 2017.

(dmp/JPC)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.